Tuesday, August 30, 2016

10 Toko Aplikasi Terbaik Untuk Developer Selain Google Play Store

Sampai saat ini Google Play Store memang merupakan toko aplikasi Android yang terbesar dan paling banyak penggunanya. Namun seiring bertambahnya jumlah pengguna smartphone Android dan semakin banyaknya jumlah aplikasi untuk Android menjadi pemicu bertambahnya pula market atau toko-toko aplikasi yang tidak kalah baiknya dengan Google Play Store (walaupun jumlah penggunanya dan jumlah aplikasi di dalamnya tidak sebenyak toko aplikasi milik Google itu).

Kalau memang Google Play Store adalah toko aplikasi terbesar dan paling banyak penggunanya, kenapa harus mencari toko aplikasi lain untuk mengupload aplikasi kita??? :D Untuk itu, pada tulisan ini teknologisme.com akan memberikan sedikit informasi kenapa kita harus mencari toko aplikasi alternatif selain Google Play Store.

10 Toko Aplikasi Terbaik Untuk Developer Selain Google Play Store

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, semakin banyak pengguna smartphone Android dan semakin banyak Aplikasi untuk Android maka Google Play Store juga semakin memperketat peraturan mereka dan melakukan penyaringan yang lebih ketat terhadap aplikasi-aplikasi baru yang akan dimasukkan ke dalam Play Store. Hal ini bertujuan untuk mengurangi aplikasi-aplikasi yang kurang memberikan manfaat kepada pengguna, aplikasi yang melanggar hak cipta dan juga mencegah adanya aplikasi yang sama dengan aplikasi lainnya (duplikat).

Pastinya ini kurang menguntungkan bagi developer-developer pemula yang membuat aplikasi dengan menggunakan source code atau template aplikasi yang dibeli dari orang lain, karena source code atau tempalate tersebut dapat juga dimiliki oleh developer lain sehingga sangat besar kemungkinan terjadinya duplikat aplikasi.

Apa yang akan dilakukan oleh Google kalau aplikasi yang kita buat tidak sesuai dengan peraturan yang mereka tetapkan? Google akan melakukan tindakan tegas terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak sesuai dengan peraturan mereka. Salah satunya adalah penghapusan aplikasi kita yang sudah diupload ke Play Store. Lebih parahnya, jika kesalahan dilakukan berulang-ulang, Google akan men-suspend akun kita di Play Store. Sayang sekali bukan? Dimana untuk mendaftar sebuah akun di Google Play Store tidak gratis, kita harus bayar $25. Itulah sedikit alasan kenapa kita menggunakan layanan toko aplikasi selain Google Play Store.

Untuk menghindari ketatnya peraturan-peraturan dan penyaringan yang ditetapkan oleh Google tersebut maka solusinya adalah mencari toko aplikasi lain. Berikut ini adalah beberapa daftar toko aplikasi alternatif yang patut kita coba:

1. Amazon App Store for Android
Link: https://developer.amazon.com/
2. Opera Mobile Store
Link: http://apps.opera.com/
3. Samsung Apps Mobile
Link: http://apps.samsung.com/
4. LG Smart World
Link: http://us.lgworld.com/web.main.dev
5. SlideMe Market
Link: http://slideme.org/
6. GetJar
Link: http://www.getjar.com/
7. 1Mobile
Link: http://www.1mobile.com/
8. Mobango
Link: http://www.mobango.com/
9. Mobile9
Link: http://www.mobile9.com/
10. Soc.io
Link: http://soc.io/

Itulah beberapa daftar toko aplikasi yang layak untuk dicoba. Semoga bermanfaat bagi developer-developer aplikasi Indonesia yang sering terkena banned dari Google Play Store.. :)

Selalu menjadi blogger pemula. Tidak pernah bisa menjadi blogger profesional. Tidak punya semangat dan skill menulis, tidak punya semangat mencari bahan untuk postingan. Tidak bosan-bosan membuat blog baru tapi blognya selalu begitu-begitu saja...:D

Silahkan luangkan sedikit waktu anda untuk berkomentar. Jika ada tulisan yang menurut anda kurang jelas atau kurang berkenan di Teknologisme.com, jangan ragu-ragu menyampaikannya kepada kami.
EmoticonEmoticon

Contact Form