Monday, August 22, 2016

Bagaimana Menjadi Seorang Developer / Pengembang Aplikasi Android

Dunia teknologi saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan pemasaran terbaiknya, entah dari dunia gadget yang berupa hardware hingga mereka pengembang di dunia software. Keberadaan Android menjadi salah satu pemicu kreatifitas masyarakat modern untuk melakukan pengembangan dan membangun aplikasi-aplikasi yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Baca juga: Mengenal dan Mempelajari Arsitektur Sistem Operasi Android

Android merupakan sebuah sistem operasi baru yang memiliki konsep hampir mirip dengan linux karena menggunakan linux sebagai base-nya. Android memungkinkan setiap orang yang ingin membuat aplikasi untuk ponselnya sendiri jadi lebih lelusa. Jika anda ingin membangun aplikasi untuk anda gunakan pada ponsel anda sediri anda bisa belajar untuk menjadi seorang Developer App Android.

Bagaimana Menjadi Seorang Developer / Pengembang Aplikasi Android

Developer App Android adalah seseorang yang mampu membangun sebuah aplikasi yang berbasis pada sistem operasi Android. Untuk menjadi seorang Developer App Android tidak sulit hanya saja memerlukan waktu belajar yang lumayan lama apalagi jika anda adalah orang yang masih awam sama sekali. Jika anda salah satu orang awam yang ingin menjadi seorang Developer App Android, anda bisa mencoba belajar dengan beberapa step di bawah ini.

Baca juga: Android App Developer - Pengembang Aplikasi Android Indonesia

Mempelajari Java

Untuk menjadi seorang Developer App Android anda harus mengerti masalah Java. Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang mendekati bahasa manusia sehingga seharusnya lebih mudah untuk dipelajari. Basis dari aplikasi Android adalah menggunakan bahasa pemrograman Java. Sebetulnya untuk membangun aplikasi Android bisa juga menggunakan bahasa pemrograman Javascript akan tetapi hal ini akan lebih rumit sehingga anda lebih disarankan untuk menggunakan bahasa pemrograman Java. Untuk menggunakan bahasa pemrograman Java terlebih dahulu anda harus mengerti konsep konsep OOP. OOP adalah Object Orientation Programming, dimana jika anda melakukan coding dengan konsep OOP anda akan di hadapkan dengan pembentukan objek objek hingga kelas kelas.

Mempelajari Struktur Android

Sebelum anda mempelajari dan mencoba membuat sebuah aplikasi Android anda terlebih dahulu harus mempelajari struktur Androidstruktur Android termasuk dalam desiain pattern dan komponennya. Anda perlu mempelajari tentang Android juga. Mengenai Android anda bisa mempelajarinya melalui website resminya. Selain dasar-dasar tersebut anda juga sebaiknya belajar mengenai user interface dari Android seperti layout, button dan komponen-komponen yang memungkinkan user untuk mejalankan sebuah aplikasi Android.

Pilih IDE yang Sesuai

Jika anda belum mengerti mengenai IDE, IDE adalah sebuah program komputer yang memungkinkan developer untuk membangun aplikasi dengan cara yang lebih mudah karena segala fasilitas yang ia butuhkan ada dalam 1 program seperti compiler, text editor dan banyak lagi. IDE untuk bahasa pemrograman Jawa ada banyak macamnya, beberapa diantaranya adalah Eclipse dan Android Studio. Jika anda ingin membangun sebuah aplikasi Android maka ada baiknya anda menggunakan Android Studio. Mengapa Android studio? Hal ini disebabkan Android Studio saat ini sudah menjadi sebuah IDE resmi dalam pembangunan aplikasi Android.

Baca juga: Inilah Persiapan Awal Membuat Aplikasi Android Dengan Eclipse

Baca tutorial dan ikut Course Group

Ketika kita belajar ya tentu saja kita harus membaca, carilah tempat tutorial yang menyenangkan dan mudah untuk anda mengerti. Selain belajar melalui membaca tutorial anda sebaiknya mengikuti kursus, kursus bisa dilakukan secara online misalnya anda bisa mencarinya lewat Google. Selain itu anda sebaiknya mengikuti sebuah grup diskusi atau milis yang bisa membantu anda mencari jalan keluar ketika anda mendapatkan masalah pada program anda.

Demikian adalah beberapa tips untuk menjadi seorang Developer App Android, untuk belajar memang tidak akan ada habisnya jadi teruslah belajar dan jadilah Developer App Android yang hebat.

Selalu menjadi blogger pemula. Tidak pernah bisa menjadi blogger profesional. Tidak punya semangat dan skill menulis, tidak punya semangat mencari bahan untuk postingan. Tidak bosan-bosan membuat blog baru tapi blognya selalu begitu-begitu saja...:D

Silahkan luangkan sedikit waktu anda untuk berkomentar. Jika ada tulisan yang menurut anda kurang jelas atau kurang berkenan di Teknologisme.com, jangan ragu-ragu menyampaikannya kepada kami.
EmoticonEmoticon

Contact Form