Thursday, August 25, 2016

Beberapa Aplikasi Wajib Untuk Pengembang Aplikasi Android

Developer atau pengembang aplikasi Android membutuhkan beberapa aplikasi dalam smartphone Android yang dapat digunakan untuk membantu proses pengembangan aplikasi Android tertentu. Aplikasi pendukung ini dapat digunakan oleh developer untuk memaksimalkan pengendalian dari sebuah aplikasi yang telah diciptakan. Berikut adalah beberapa aplikasi tersebut:

Algoid

Aplikasi yang pertama adalah Algoid. Algoid merupakan salah satu aplikasi programming languages yang biasanya digunakan oleh anak-anak sebagai media edukasi untuk membuat sebuah aplikasi permainan di Android. Meskipun begitu aplikasi ini dapat digunakan untuk para developer aplikasi dalam mempelajari programming language dari aplikasi yang akan dikembangkan. Algoid merupakan aplikasi IDE untuk mempermudah Anda dalam melakukan penerjemahan, debugger, editor, auto completion dan syntax highlighting.

AndroidScript

Bagi seorang pengembang aplikasi, control terhadap aplikasi yang dikembangkan. Untuk itu, pengembang aplikasi wajib memiliki AndroidScript. Aplikasi ini berbasis JavaScript dan memungkinkan Anda untuk berinteraksi melalui email dan sms. Dilengkapi pula dengan GPS, kompas, kamera, akselerometer dan html5. Aplikasi ini akan memungkinkan Anda untuk menggunakan computer sebagai IDE jarak jauh melalui jaringan Wifi.

Aplikasi Wajib Untuk Pengembang Aplikasi Android

Dalvix Explorer

Selanjutnya ada aplikasi Dalvik Explorer. Davix Explorer membantu para pengembang dalam menjelajahi karakteristik dari sebuah perangkat Android. Karakteristik yang dapat Anda ketahui melalui aplikasi ini meliputi sifat sistem Java dan environmentnya.

Developers Tools

Berikutnya ada pula developer tools. Aplikasi ini memungkinkan pengembang Android untuk melihat kualifikasi sumber daya yang sedang digunakan pada perangkat nya. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk memahami fitur sistem yang tersedia, rincian tentang layar dan ukurannya. Dengan memahami perangkat Android, pengembang dapat menentukan spesifikasi aplikasi yang akan diciptakan.

DrawExpress

DrawExpress adalah aplikasi diagram isyarat-pengakuan yang memungkinkan Anda menggambar diagram dan diagram alur, termasuk kasus penggunaan, urutan, kelas, negara, ER, aliran data, dan diagram jaringan. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat memproyeksikan diagram proses bisnis dan peta pikiran, termasuk diagram alur, bagan organisasi, diagram alur proses, daftar fitur, alur pembuatan keputusan dan catatan visual.

DroidDia

DroidDia merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menggambar flowchart, diagram Venn, mind mapping, dan diagram lainnya. User interface pada aplikasi ini didasarkan pada pemilihan objek dari galeri dan men-drag objek tersebut ke tempatnya. Untuk membuat objek baru dapat dilakukan dengan cara melakukan long pressing pada area layar kosong. Sedankan untuk memilih objek yang sudah ada, Anda tinggal melakukan long pressing pada objek yang tersedia. DroidDia ini juga mendukung tipe file  JPEG dan PNG bitmap sebagai dasar untuk obyek selain geometris sederhana. Melalui aplikasi ini, Anda dapat pula mendownload sebuah perpustakaan komponen Cisco dalam bentuk PNG dari situs DroidDia.com.

Frink

Frink adalah alat perhitungan dan programming languages yang praktis. Aplikasi ini dirancang untuk membantu dalam membuat perhitungan fisik sederhana dengan cara melacak unit ukuran melalui semua perhitungan. Frink memungkinkan Anda untuk menggambar grafis  dilengkapi dengan sensor, GPS, text-to-speech dan speech recognition.

Wifi Analyzer

Wifi Analyzer merupakan aplikasi yang memungkinkan para developer untuk menemukan jaringan wifi secara lebih cepat. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menunjukkan tingkat kekuatan dan kemanan dari sebuah jaringan wifi.

Itu tadi beberapa aplikasi pendukung yang dapat digunakan dalam mengembangkan sebuah aplikasi melalui perangkat Android. Semoga bermanfaat bagi developer App Android.

Selalu menjadi blogger pemula. Tidak pernah bisa menjadi blogger profesional. Tidak punya semangat dan skill menulis, tidak punya semangat mencari bahan untuk postingan. Tidak bosan-bosan membuat blog baru tapi blognya selalu begitu-begitu saja...:D

Silahkan luangkan sedikit waktu anda untuk berkomentar. Jika ada tulisan yang menurut anda kurang jelas atau kurang berkenan di Teknologisme.com, jangan ragu-ragu menyampaikannya kepada kami.
EmoticonEmoticon

Contact Form