Wednesday, August 31, 2016

JarKom - Referensi Perintah "ipconfig" di MS-DOS

Ipconfig adalah sebuah alat atau baris perintah di MS-DOS yang dapat digunakan untuk menampilkan dan mengelola pengaturan jaringan pada komputer. Ipconfig terdapat pada komputer dengan sistem operasi Windows, dan dapat menampilkan rincian koneksi jaringan dan pengaturan klien DHCP. Perintah "ipconfig" dapat ditemukan pada Windows 95, Windows 98, ME, NT, 2000, XP, Windows Vista dan Windows 7. Pada komputer dengan sistem operasi Windows 9x, alat yang sudah memiliki grafis grafis seperti winipconifg atau winipcfg dapat digunakan sebagai penggantinya. Sedangkan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Linux, dapat menggunakan perintah "ifconfig" yang memiliki fungsi yang sama dengan perintah "ipconfig".

Referensi Perintah "ipconfig" di MS-DOS

Ada banyak perintah tambahan yang terdapat pada "ipconfig", antara lain:
  • /? 
  • /all
  • /release
  • /renew
  • /flushdns
  • /registerdns
  • /displaydns  
  • /showclassid 
  • /setclassid 


Untuk melihat nama-nama dari adapter ethernet kita cukup mengetikkan perintah "ipconfig" di MS-DOS maka perintah ini akan menampilkan semua adapter yang terdapat pada komputer kita, misalnya: "Local Area Connection", "Wireless Network Connection" dan lain-lain. Perintah ipconfig sering digunakan untuk mendiagnosa masalah jaringan pada komputer dengan sistem operasi Windows. Jika kita menggunakan DHCP, maka kita dapat mencoba melepaskan dan memperbaharui alamat IP dengan mengetikkan perintah "ipconfig/release" dan "ipconfig/renew" seperti gambar di bawah ini.


Untuk solusi pada masalah caching DNS, kita dapat mengetikkan perintah "ipconfig/flushdns" yang berfungsi untuk menghapus nilai cache DNS pada komputer kita. Jika kita mengubah pengaturan DNS pada komputer dan tidak melihat perubahan adanya perubahan, maka kita dapat mengetikkan perintah "ipconfig/flushdns" untuk menghapus cache DNS yang lama.


Pada komputer dengan sistem operasi Windows Vista atau yang lebih baru, jika Anda menemukan pesan kesalahan seperti "The requested operation requires elevation", maka anda harus menjalankan Command Prompt sebagai administrator. Untuk melakukan ini, anda dapat melakukan hal berikut:

All Programs -> Accessories -> klik kanan Command Prompt dan klik "Run as administrator".

Itulah sedikit referensi mengenai perintah "ipconfig" pada MS-DOS. Semoga bermanfaat.

Selalu menjadi blogger pemula. Tidak pernah bisa menjadi blogger profesional. Tidak punya semangat dan skill menulis, tidak punya semangat mencari bahan untuk postingan. Tidak bosan-bosan membuat blog baru tapi blognya selalu begitu-begitu saja...:D

Silahkan luangkan sedikit waktu anda untuk berkomentar. Jika ada tulisan yang menurut anda kurang jelas atau kurang berkenan di Teknologisme.com, jangan ragu-ragu menyampaikannya kepada kami.
EmoticonEmoticon

Contact Form