Saturday, August 27, 2016

Menelusuri Kisah Sukses Developer Aplikasi Android Asal Indonesia

Untuk membuat sebuah aplikasi yang akan didistribusikan pada Google play tentu saja tidak mudah. Anda perlu mamatuhi beberapa aturan aplikasinya seperti resolusi dan banyak lagi. Jadi jika anda ingin embuat sebuah aplikasi yang nantinya akan anda pasang di Google play anda terlebih dahulu harus melihat spesifikasi spesifikasi aplikasi agar bisa tembus ke Google play.

Indonesia memang terkenal sebagai negara yang sedang berkembang sehingga keberadaannya juga sering di remehkan. Akan tetapi tidak sedikit juga orang orang yang cerdas yang berasal dari Indonesia. Salah satu orang cerdas dari Indonesia bernama Yuku Sugianto. Yuku sugianto kini menjadi salah seorang Developer App Android yang merilis aplikasi di Google Play dengan penghasilan tinggi.

Siapakah Yuku Sugianto

Seperti yang telah disebutkan Yuku Sugianto adalah salah seorang Developer App Android asal Indonesia yang memiliki aplikasi berbayar dengan jumlah download yang tinggi. Yuku Sugianto adalah seorang warga negara Indonesia yang dahulu tinggal di Bandung. Yuku bersekolah dari kecil hingga SMA di Indonesia tepatnya di Bandung dan meneruskan kuliahnya di Singapura tepatnya di Nanyang University.

Menelusuri Kisah Sukses Developer Aplikasi Android Asal Indonesia

Apa yang Dibuat oleh Yuku Sugianto?

Yuku Sugianto membuat sebuah aplikasi yang memampukan gadget Android anda untuk merekam suara dengan kualitas dan hasil yang memuaskan. Aplikasi ini diberi nama Hi-Q MP3 Recorder. Ide untuk membuat aplikasi ini muncul sejak ketidakpuasannya ketika melakukan recording dengan ponselnya. Sampai pada suatu hari idenya ini ingin dia wujudkan dalam sebuah aplikasi sejak dahulu tapi belum dapat terwujud karena adanya kendala sistem operasi yang belum mendukung. Sejak munculnya linux Yuku Sugianto mulai membangun aplikasi tersebut yang mengoptimalkan penggunaan mikrofon handphone sehingga mampu menghasilkan suara hasil rekaman yang memuaskan.

Perjalanan Yuku Sugianto sebagai Developer App Android

Pada awalnya sekitar 5 tahun yang lalu Yuku Sugianto merasa kesulitan untuk mendaftarkan aplikasinya sebagai aplikasi berbayar di Google Play karena developer Indonesia memang tidak bisa melakukan perilisan terhadap aplikasi berbayar di aplikasi GPlay tersebut, akan tetapi ia kemudian memutar otak dengan cara meminta banyu kawannya yang memiliki rekening Amerika sehingga Yuku dapat merilis aplikasi berbayarnya pada tahun 2010. Pada awalnya aplikasi ini di beri harga sebesar 2.99 USD, melihat sambutan dari masyarakat yang baik dan banyaknya orang yang mengunduh aplikasi ini Yuku kemudian menaikkan harga aplikasinya menjadi 3.99 USD. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 30.000 kali para tahun 2012 dan telah menghasilkan puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Pengembangan Hi-Q MP3 Recorder

Hi-Q MP3 recorder dibuat sebagai aplikasi yang simpel dan friendly. Aplikasi ini hanya memiliki sedikit fitur agar user tidak bingung jika dihadapkan pada aplikasi yang memiliki banyak button. Lambat laun aplikasi ini akan ditambahi sdikit demi sedikit fitur fitur tambahan. Penambahan ini sengaja dilakukan sedikit demi sedikit agar user tidak kaget dan kebingungan. Penambahan ini juga ditujukan agar fungsi fungsi awal tidak mengganggu fungsi lain dan tidak menjadi fungsi yang tidak berguna.

Beberapa syarat yang harus kita penuhi agar aplikasi kita bisa digunakan di Google play antara lain Screen capture dari aplikasi. Untuk screen capture sebaiknya kita menyiapkan sekitar 2 buah screen capture aplikasi dengan ukuran tertentu. Resolusi untuk icon. Untuk resolusi icon anda perlu memasangnya dengan resolusi yang tinggi karena aplikasi yang akan anda pasang ke Google play tentu saja akan dipasang di perangkat dengan resolusi yang besar juga.

Selalu menjadi blogger pemula. Tidak pernah bisa menjadi blogger profesional. Tidak punya semangat dan skill menulis, tidak punya semangat mencari bahan untuk postingan. Tidak bosan-bosan membuat blog baru tapi blognya selalu begitu-begitu saja...:D

2 comments

Saya mau membuat aplikasi tp tolong berikan saya penjelasan secara spesifik

artikel ini muncul sebelum akun developer sikebo anak asal malang jebolan Kehutanan UGM yang jualanan icon pack di google play dgn total penghasilan lebih dari 2,6 miliar dari 16 aplikasi buatannya

Silahkan luangkan sedikit waktu anda untuk berkomentar. Jika ada tulisan yang menurut anda kurang jelas atau kurang berkenan di Teknologisme.com, jangan ragu-ragu menyampaikannya kepada kami.
EmoticonEmoticon

Contact Form