Wednesday, August 10, 2016

JarKom - Pengertian MAC Address dan Cara Mengganti MAC Address

Apa itu MAC Address dan bagaimana cara mengganti MAC Address?

MAC Address (Media Access Control Address) adalah pengenal unik yang bersifat global dan ditugaskan sebagai pengenal perangkat jaringan, dan oleh karena itu sering disebut sebagai alamat fisik atau pengenal perangkat keras. MAC Address memiliki panjang 6-byte (48-bit), dan ditulis dengan format MM:MM:MM:SS:SS:SS. Dimana 3-byte pertama merupakan nomor ID dari produsen yang ditetapkan oleh badan standar Internet dan 3-byte kedua adalah nomor seri produk yang ditetapkan oleh produsen perangkat tersebut.

Lapisan MAC merupakan lapisan kedua dari TCP / IP (diadopsi dari OSI Reference Model), di mana IP merupakan lapisan ketiga. MAC Address dapat dianggap sebagai pendukung pelaksanaan hardware sedangkan alamat IP mendukung implementasi software. MAC Address secara permanen disematkan ke dalam perangkat keras oleh produsen perangkat keras, tetapi alamat IP yang ditugaskan untuk perangkat jaringan ditetapkan oleh administrator jaringan. DHCP bergantung pada alamat MAC untuk memberikan alamat IP untuk perangkat jaringan.

JarKom - Pengertian MAC Address dan Cara Mengganti MAC Address

Bagaimana cara menemukan alamat MAC dari perangkat jaringan?

Sistem operasi mendukung berbagai baris perintah dan GUI utilitas untuk memungkinkan pengguna untuk menemukan MAC Address dari sistem yang mereka gunakan. Pada varian Unix termasuk Solaris dan Linux "ifconfig -a", "ip link list" atau "ip address show" adalah perintah yang dapat digunakan untuk menampilkan alamat MAC dari perangkat jaringan dan informasi yang berguna lainnya. Pada sistem operasi Windows, termasuk NT, 2000, XP dan 2003 dapat menggunakan perintah "ipconfig / all" untuk menampilkan alamat MAC. Pada MacOS, orang dapat menemukan alamat MAC dengan membuka "System Preferences", kemudian memilih "Network".

Cara mengganti MAC Address di sistem operasi Windows

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengganti MAC Address pada komputer kita. Namun pada kesempatan ini rumahgara.com akan memberikan cara dengan menggunakan bantuan software gratis dari Technitium. Dengan software Technitium ini kita dapat mengganti MAC Address dengan sangat mudah.

Cara Mengganti MAC Address

Simak caranya berikut ini:
  1. Silahkan anda download aplikasi Technitium MAC Address Changer, software ini di sediakan gratis untuk anda. silahkan download Technitium MAC Address Changer disni.
  2. Setelah anda download Technitium MAC Address Changer, lalu install software Technitium MAC Address Changer di komputer anda.
  3. Untuk menjalankan aplikasi ini silahkan pilih menu "Change MAC Address" field dan tekan tombol "Change Now".
  4. Selesai.
Demikianlah sedikit informasi mengenai MAC Addres dan cara mengganti MAC Address pada komputer dengan sistem operasi Windows. Semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tuliskan pertanyaan anda pada kolom komentar di bawah ini.

Selalu menjadi blogger pemula. Tidak pernah bisa menjadi blogger profesional. Tidak punya semangat dan skill menulis, tidak punya semangat mencari bahan untuk postingan. Tidak bosan-bosan membuat blog baru tapi blognya selalu begitu-begitu saja...:D

Silahkan luangkan sedikit waktu anda untuk berkomentar. Jika ada tulisan yang menurut anda kurang jelas atau kurang berkenan di Teknologisme.com, jangan ragu-ragu menyampaikannya kepada kami.
EmoticonEmoticon

Contact Form