Thursday, August 18, 2016

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android [Bagian 1]

Di Indonesia dari dahulu hingga sekarang memiliki banyak sistem operasi untuk ponsel, belakangan ini satu sistem operasi yang menjadi terkenal dan merupakan sistem operasi terbaik di dunia. Android merupakan bentuk mini dari sistem operasi Linux. Karena memang berbasis linux maka cara kerja dari aplikasi ini juga sama dengan cara kerja Linux yaitu dapat dikembangkan oleh Developer App Android secara bebas karena tidak memiliki lisensi.

Awal perkembangan Android

Android pada awalnya adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Android Incorporation yang didukung secara finansial oleh Google hingga tahun 2005. Para tahun 2005 tersebut Google kemudian membeli aplikasi tersebut dan kemudian dirilis secara resmi pada tahun 2007. Pada tahun ini tepatnya bulan November Google secara resmi merilis versi beta dari sistem operasi Android ini.

Setelah di keluarkan versi beta pada tahun 2007 tersebut kemudian disusul dengan peluncuran produk komersial pertama Android pada tahun 2008 yaitu Android versi 1.0. Android versi 1.0 ini pertama
kali dipasangkan pada hardware HTC Dream yang kemudian menuai sukses dengan beberapa fitur unggulan seperti Android market, sinkronisasi dengan gmail, akses server email web dan juga voice dialer yaitu fitur yang memungkinkan pengguna aplikasi ini dapat menghubungi seseorang tanpa menyentuh ponselnya.

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Android

Perkembangan Android Selajutnya

Android Versi 1.5 (Cupcake)

Setelah berhasil dengan peluncuran Android versi 1.0, Android kembali merilis versinya yang terbaru yaitu Android versi 1.1 pada tanggal 9 Maret 2009 dengan penambahan berupa pelengkapan beberapa fitur seperti pembaharuan beberapa aplikasi. Setelah itu Android kembali muncul dengan versi terbarunya yaitu versi cupcake atau versi 1.5. pada versi ini pengembangan fitur sudah semakin maju dengan menghubungkan media sosial youtube dan picasa dengan ponsel pintar.

Android Versi 1.6 (Donut)

Setelah sukses dengan versi cupcake, muncul lagi bersi Android terbaru yang dibersi nama Android Donut. Android ini merupakan Android dengan versi 1.6 dengan pengembangan aplikasi standar seperti proses yang lebih efisien dalam melakukan searching dan juga membuat galeri menjadi lebih “user friendly” penambahan fitur di versi donut ini lebih ke visual dan permudahan penggunaan dari Android sendiri.

Android Versi 2.0 - 2.1 (Eclair)

Android versi 2.0 ini dikembangkan secara sekuens dari 2.0, 2.0.1 kemudian 2.1. ketiga versi tersebut disebut sebagai Android Éclair. Android Eclair memberikan kemampuan yang lebih powerfull lagi disisi user interface, mereka mulai menggunakan HTML 5 dan juga memberika bluethoot dengan kecepatan transfer yang lebih. Android versi ini juga memperbolehkan pemasangan hardware kamera hingga 3.2 megapixel dan juga penggunaan flash pada kamera ponsel pintar pengguna Android Éclair.

Android Versi 2.2 - 2.2.3 (Froyo)

Selain Éclair, Android versi 2.2 dan 2.2.3 juga diluncurkan secara bersamaan pada tahun 2010. Versi 2.2 dan 2.2.3 disebut dengan Android Frozen Youghurt atau Android Froyo. Setelah versi 2.2.3 Android mengalami perkembangan yang singnifikan dalam perkembangannya menuju Android di masa sekarang. Versi setelah Android froyo dikenal dengan versi Gingerbread yang memanjakan pengguna dengan user interface yang lebih powefull dan penggunaan game dan aplikasi berbasis media yang lain sehingga dapat mentriger perkembangan Developer App Android di bidang media.

Android Versi 3.0 - 3.2.6 (Honeycomb)

Versi ini diisi dengan Android Honeycomb yang terdiri dari 3 versi yait versi 3.0, versi 3.1, dan juga versi 3.2. Ketiga versi ini digunakan untuk Android tablet tujuannya untuk memaksimalkan fungsi dan kegunaan tablet. Pada versi ini dilakukan peningkatan kinerja hardware termasuk untuk tablet yang lebih lebar. Peningkatan kinerja aplikasi untuk mengakses file di dalam SD Card dan lain-lain.

Android versi 4.0 - 4.0.4 (Ice Cream Sandwich)

Android versi ini disebut dengan Android Ice Cream Sandwich. Android ini memiliki kelebihan yaitu dapat membuka kunci dengan pengenalan wajah. Ice Cream Sandwich dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011. Android yang masuk pada versi ini adalah Android 4.0, 4.0.2 hingga 4.04. Pada versi ini pula terjadi perombakan tampilan sistem operasi Android dan sudah berbeda dengan versi-versi sebelumnya. Peningkatan fungsi copy-paste, memudahkan dalam membuat folder, tampilan album yang baru dan lain-lain. Pada versi ini juga kamera perangkat android sudah lebih baik karena sudah mendukung zero shutter lag, panorama mode dan kemampuan zoom ketika merekam video.

Bersambung...

Selalu menjadi blogger pemula. Tidak pernah bisa menjadi blogger profesional. Tidak punya semangat dan skill menulis, tidak punya semangat mencari bahan untuk postingan. Tidak bosan-bosan membuat blog baru tapi blognya selalu begitu-begitu saja...:D

2 comments

This comment has been removed by the author.

setiap tahun semakin berkembang dan hadir inovasi yang lebih mantap.
cek artikel serupa di :
http://pena.gunadarma.ac.id
Terima Kasih :)

Silahkan luangkan sedikit waktu anda untuk berkomentar. Jika ada tulisan yang menurut anda kurang jelas atau kurang berkenan di Teknologisme.com, jangan ragu-ragu menyampaikannya kepada kami.
EmoticonEmoticon

Contact Form