Tuesday, September 6, 2016

Membuat Emulator Android di Eclipse atau Android Virtual Device (AVD)

Sebelum kita membuat sebuah emulator Android, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu Android Virtual Device (AVD). Sebuah Android Virtual Device (AVD) atau Perangkat Virtual Android adalah konfigurasi emulator yang memungkinkan pengembang untuk menguji aplikasi dengan mensimulasikan kemampuan perangkat nyata. Kita dapat mengkonfigurasi AVD dengan menentukan pilihan perangkat keras dan perangkat lunaknya.

AVD Manager memberikan kemudahan mudah dalam menciptakan dan mengelola AVD dengan antarmuka grafis. Kita bisa membuat banyak AVD sebanyak yang kita butuhkan, berdasarkan pada jenis perangkat ingin kita uji. Jadi boleh dikatakan Android Virtual Device itu merupakan sebuah perangkat Android virtual yang berjalan di komputer dan dapat digunakan untuk menguji aplikasi Android yang sudah dibuat.

Membuat Emulator Android di Eclipse atau Android Virtual Device

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Android Virtual Device dari AVD Manager:

1. Klik menu Window dan pilih "Aandroid Virtual Device Manager".


2. Klik pada tombol "Create.."


3. Berilah nama AVD anda, pilih device yang anda inginkan, tentukan API dan jenis CPU nya.
4. Isian atau pilihan yang lain sebenarnya sifatnya hanya opsional, tapi tidak adasalahnya jika anda isi saja.

5. Jika semua sudah anda tentukan, klik "OK".
6. AVD anda sudah dibuat.

Catatan: Tingkatan API umumnya berarti bahwa sebagai seorang programmer, Anda dapat berkomunikasi dengan perangkat yang dibangun pada fungsi dan fungsionalitasnya.


Dalam memilih level API untuk pengembangan aplikasi, setidaknya  mengambil setidaknya dua hal berikut ini:

1. Buatlah AVD dengan menggunakan API yang paling baru dikeluarkan.
Hal ini bertujuan agar anda dapat melihat bagaimana kemampuan aplikasi anda, apakah dapat berjalan dengan baik di perangkat terbaru yang menggunakan API tersebut.

2. Buat juga AVD dengan menggunakan API yang paling rendah.
Hal ini juga dibutuhkan karena tidak semua pengguna aplikasi menggunakan perangkat terbaru, sehingga tidak ada salahnya untuk menciptakan sebuah aplikasi yang mendukung API-API rendah. Apalagi kalau kita ingin menguangkan aplikasi tersebut, tentunya kita harus bisa menjangkau semua pengguna.

Selalu menjadi blogger pemula. Tidak pernah bisa menjadi blogger profesional. Tidak punya semangat dan skill menulis, tidak punya semangat mencari bahan untuk postingan. Tidak bosan-bosan membuat blog baru tapi blognya selalu begitu-begitu saja...:D

Silahkan luangkan sedikit waktu anda untuk berkomentar. Jika ada tulisan yang menurut anda kurang jelas atau kurang berkenan di Teknologisme.com, jangan ragu-ragu menyampaikannya kepada kami.
EmoticonEmoticon

Contact Form