Monday, September 5, 2016

Alternatif Web Browser Terbaik Berbasis Chromium Untuk Windows

Chromium browser merupakan sebuah web browser yang "open source". Google sendiri menggunakan browser ini sebagai base pada browser andalan mereka yaitu Google Chrome. Karena browser ini adalah open source sehingga siapa saja dapat mengambil kode tersebut dan memodofikasinya sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengembangnya.Setiap web browser alternatif biasanya memiliki fokus tersendiri dalam pengembangannya, apakah itu untuk keamanan, privasi, sosial network, portabilitas dan fitur-fitur tambahan lainnya.

Baiklah, pada artikel berikut ini teknologisme.com akan menginformasikan tentang beberapa web browser untuk komputer PC atau laptop Windows (7/8/10) yang berbasis Chromium.

Untuk browser yang berbasis Mozilla Firefox, dapat anda lihat pada artikel sebelumnya yaitu 5 Web Browser Berbasis Mozilla Alternatif Terbaik Untuk Windows.


Alternatif Web Browser Terbaik Berbasis Chromium Untuk Windows

1. Comodo Dragon.

Comodo Dragon adalah salah satu web browser berbasis Chromium yang dikembangkan oleh perusahaan Comodo. Perusahaan ini fokus pada keamanan, firewall dan aplikasi anti virus. Comodo Dragon diklaim memiliki tingkat keamanan dan privasi yang lebih baik dibadingkan Google Chrome.
Comodo Dragon dapat menggunakan server Comodo SecureDNS yang mampu memblokir akses ke situs-situs yang sudah ditandai sebagai malicious. Pada bagian toolbar Comodo Dragon, terdapat tombol Comodo’s Site Inspector yang berfungsi untuk meindai website yang sedang diakses dengan cepat.

Comodo juga menambahkan fitur privasi tambahan. Web browser ini dapat digunakan dalam mode penyamaran atau menonaktifkan pengarah HTTP header secara permanen. Comodo Dragon juga memiliki layanan update sendiri, namun Anda dapat menonaktifkannya jika Anda ingin menginstal pembaruan secara manual.

2. RockMelt.

RockMelt adalah browser sosial dengan integrasi Facebook yang sangat melekat. Browser ini memiliki konsep yang mirip dengan browser Flock yang pengembangannya sekarang sudah dihentikan. Ketika anda selesai menginstal RockMelt, Anda akan diminta untuk login dengan Facebook.
Anda dapat memilih untuk tidak menggunakan fitur ini dan menggunakan RockMelt tanpa Facebook, tapi point penting dari browser ini menjadi tidak ada karena ekuatan RockMelt adalah integrasinya dengan Facebook. Di bagian atas layar, Anda akan menemukan pemberitahuan Facebook. Sisi kanan memungkinkan Anda chatting dengan teman-teman Facebook Anda, sementara sisi kiri berisi "apps RockMelt".

Jika anda seorang pecandu Facebook, RockMelt adalah pilihan yang baik untuk anda.

3. SRWare Iron.

SRWare Iron adalah versi privacy-conscious dari Google Chrome dengan banyak fitur dihapus sepenuhnya. Web browser ini juga menghilangkan fitur Chrome auto-updater sehingga anda harus mengunduh versi baru dari website SRWare Iron secara manual untuk melakukan pembaruan.
SRWare Iron tidak menawarkan fitur yang lebih banyak dari Chrome. Anda dapat mengubah fitur privasi sesuai dengan kebutuhan anda. Web browser ini memiliki start page sendiri dan menayangkan iklan. Jika anda mengklik link "Get More Extensions" maka anda akan dibawa ke halaman daftar ekstensi milik SRWare Iron sendiri.

4. CoolNovo.

CoolNovo adalah web browser yang sebelumnya dikenal dengan nama ChromePlus. Browser ini adalah versi dari Chrome yang dikembangkan oleh programmer di China. Mereka menambahkan beberapa antarmuka baru pada browser tersebut termasuk menambahkan sidebar. Mereka juga menambahkan fitur-fitur lain yang bisa anda dapatkan di Chrome dengan ekstensi, seperti gerakan mouse dan kemampuan untuk menjalankan Internet Explorer dalam tab.

5. Google Chrome Portable.

Versi resmi Google Chrome tidak dapat diinstal sebagai aplikasi portabel. Google Chrome Portable adalah versi modifikasi dari Google Chrome yang dapat Anda instal pada USB flash drive. Sepertinya informasi tentang Google Chrome Portable ini cukup sampai disini saja, karena fitur-fitur yang terdapat di dalamnya sama persis dengan fitur-fitur pada versi resmi Google Chrome.

Itulah informasi tentang 5 Web Browser Alternatif Berbasis Chromium Untuk Windows semoga bermanfaat. Kalau ada tambahan dari anda, silahkan sampaikan kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini. Akan segera kami tambahkan ke dalam daftar.

Selalu menjadi blogger pemula. Tidak pernah bisa menjadi blogger profesional. Tidak punya semangat dan skill menulis, tidak punya semangat mencari bahan untuk postingan. Tidak bosan-bosan membuat blog baru tapi blognya selalu begitu-begitu saja...:D

Silahkan luangkan sedikit waktu anda untuk berkomentar. Jika ada tulisan yang menurut anda kurang jelas atau kurang berkenan di Teknologisme.com, jangan ragu-ragu menyampaikannya kepada kami.
EmoticonEmoticon

Contact Form