Saturday, September 3, 2016

Inilah Tips Keren Belanja Aman Dan Nyaman Di Tokopedia.com

Sesuai dengan slogannya, "Jual beli online semakin aman dan nyaman", Tokopedia.com memang termasuk salah satu Mal online terbesar di Indonesia yang menurut saya cukup aman dan terpercaya. Mengapa saya katakan demikian, karena pembeli dan penjual tidak melakukan transaksi secara langsung melainkan melalui perantaraan Tokopedia.com itu sendiri.

Jadi urutan transaksinya kira-kira seperti ini: Pembeli melakukan pembelian barang dari penjual/ merchant dan melakukan pembayaran, namun pembeli tidak mentransfer uang langsung kepada merchant melainkan ke rekening tokopedia. Kemudian pihak Tokopedia menginformasikan kepada merchant bahwa barang mereka sudah dipesan dan pembayaran sudah dikonfirmasi maka merchant akan melakukan proses pengiriman melalui kurir yang sudah ditentukan oleh pembeli pada saat melakukan pemesanan barang dan memberikan nomor resi pengirimannya. Setelah barang diterima pembeli maka Tokopedia akan meneruskan pembayaran ke merchant. Cukup adil bukan?

Namun walaupun sudah dibuatkan sistem yang baik seperti itu, yang namanya manusia tetap saja bisa melakukan kesalahan, mungkin karena pepatah lama yang mengatakan "manusia tidak pernah luput dari kesalahan" atau "Tidak ada manusia yang sempurna" kali ya. Halaah..:D. Untuk itu, pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi pengalaman Belanja Aman Dan Nyaman Di Tokopedia. Silahkan simak tips-tips berikut ini: (saya anggap anda sudah memiliki akun di Tokopedia)


Tips Keren Belanja Aman Dan Nyaman Di Tokopedia.com

1. Carilah barang/ produk yang ingin anda beli.

Gunakan kolom pencarian untuk mencari barang yang ingin anda beli maka mesin pencari Tokopedia akan menampilkan banyak barang dengan harga yang berbeda-beda. Hasil pencarian yang banyak tersebut dapat anda urutkan berdasarkan harga terendah sampai tertinggi atau sebaliknya, urutkan berdasarkan paling baru atau penjualan paling banyak dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam memilih barang yang sesuai.

2. Jangan terburu-buru dalam memilih.

Ya, jangan terburu-buru dalam memilih barang karena di sinilah banyak point yang harus diperhatikan. Lihatlah review atau ulasan dari pembeli lain yang sudah pernah membeli barang tersebut. Lihat juga reputasi merchant apakah bagus atau tidak dan status dari merchant apakah Gold Merchant atau merchant biasa. Ini bukan suatu patokan tetapi paling tidak disini kita bisa melihat keseriusan merchant tersebut dalam melakukan bisnis. Kemudian perhatikan pula lokasi merchant karena ini akan mempengaruhi ongkos pengiriman barang. Usahakanlah mencari merchant yang masih satu kota dengan anda, atau yang paling dekat dengan tempat tinggal anda. Dan yang terakhir, perhatikan pula berat barang yang anda pilih, bandingkan dengan berat yang dijual oleh merchant lain karena hal ini juga akan mempengaruhi ongkos pengiriman.

3. Tanya sebelum membeli.

Sama halnya dengan berbelanja di mal-mal atau di toko-toko biasa tanyalah sebelum membeli. Tanyakanlah kepada penjual informasi tentang barang tersebut sebanyak yang anda butuhkan, misalnya ketersediaan barang, kondisi barang apakah baru atau bekas, warna yang tersedia dan lain-lain. Atau anda juga bisa menanyakan kualitas barang tersebut ke pembeli yang sudah pernah membeli barang tersebut. Hal ini untuk menghindari kekecewaan setalah barang sampai di tangan anda. Karena dalam belanja online kita tidak bisa melihat barang tersebut secara langsung apalagi memegangnya :D, kita hanya bisa melihat gambar saja.

4. Lakukan pembayaran dan konfirmasi.

Setelah barang-barang yang ingin anda beli berada di keranjang belanja, periksalah kembali barang-barang tersebut. Jika semuanya sudah cocok, segeralah lakukan pembayaran dengan metode yang paling cocok menurut anda. Tokpedia menyediakan banyak metode pembayaran, antara lain: Saldo Tokopedia, Transfer Bank, Kartu Kredit dan lain-lain. Konfirmasikan segera pembayaran yang sudah anda lakukan.

5. Periksa barang yang sudah diterima.

Begitu barang sampai di tangan anda, sebaiknya jangan langsung mengklik tombol "Sudah Terima" di halaman status pemesanan di Tokopedia. Tetapi, periksalah dulu barang tersebut apakah semua sesuai dengan apa yang anda pesan. Apakah barang tersebut berfungsi dengan baik, apakah warnanya sesuai, apakah keterangan yang diberikan penjual sama dengan apa yang anda dapatkan dan lain-lain. Jika anda sudah yakin semuanya sesuai segera lakukan konfirmasi bahwa anda sudah menerima pesanan anda. Namun, jika ada yang menurut anda tidak sesuai, lakukanlah komplain kepada penjual maka pihak Tokopedia akan membantu memecahkan masalah anda melalui menu Pusat Resolusi.

6. Berikan review atau ulasan yang jujur.

Berikanlah review mengenai barang yang anda terima dengan jujur dan sebenar-benarnya. Seperti kualitas dan keakuratan barang. Ini untuk membantu calon pembeli lain yang ingin membeli barang tersebut. Juga untuk membantu penjual dalam menjalankan bisnisnya. Jika anda memberi review yang baik maka reputasi penjual juga akan semakin baik dan jika anda memberikan review yang kurang memuaskan maka penjual akan segera melakukan pembenahan terhadap barang dan pelayanan mereka.

Demikianlah sedikit tips tentang belanja online aman dan nyaman di Tokopedia, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan pembelian online. Selamat berbelanja!!! :)

Selalu menjadi blogger pemula. Tidak pernah bisa menjadi blogger profesional. Tidak punya semangat dan skill menulis, tidak punya semangat mencari bahan untuk postingan. Tidak bosan-bosan membuat blog baru tapi blognya selalu begitu-begitu saja...:D

Silahkan luangkan sedikit waktu anda untuk berkomentar. Jika ada tulisan yang menurut anda kurang jelas atau kurang berkenan di Teknologisme.com, jangan ragu-ragu menyampaikannya kepada kami.
EmoticonEmoticon

Contact Form