Friday, September 2, 2016

JarKom - Perbedaan Alamat IP Publik dengan Alamat IP Pribadi

Ketika sebuah komputer diberi alamat IP (Internet Protocol), maka perangkat lain yang berada pada jaringan lokal dapat melihat komputer ini melalui itu alamat IP Pribadi (Private IP Address) tersebut. Namun, perangkat yang berada di luar jaringan lokal Anda tidak dapat langsung berkomunikasi melalui alamat IP Pribadi ini, tetapi harus menggunakan alamat IP Publik (Public IP Address) yang terdapat pada router anda. Untuk memungkinkan akses langsung ke perangkat lokal yang diberi alamat IP Pribadi, maka harus menggunakan Network Address Translator (NAT).

Alamat IP publik atau Public IP Address

Alamat IP publik atau Public IP Address adalah alamat IP yang dapat diakses melalui Internet. Biasanya alamat IP ini dikeluarkan oleh ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan internet. Seperti alamat pos yang digunakan untuk menyampaikan kiriman pos ke rumah Anda, alamat IP publik adalah alamat IP global yang unik yang ditugaskan untuk perangkat komputasi. Alamat IP publik Anda dapat anda temukan di halaman website penyedia jasa IP Tracker atau IP Finder, misalnya www.iplocation.net. Begitu anda mengakses website tersebut maka Public IP Address anda akan ditampilkan. Atau cukup dengan mengetikkan "ip address" pada kolom pencarian Google, maka Google akan menampilkan alamat IP publik anda.

Perbedaan Alamat IP Publik dengan Alamat IP Pribadi

Alamat IP pribadi atau Private IP Address

Sedangkan alamat IP pribadi atau Private IP Address digunakan untuk menetapkan alamat tiap-tiap komputer atau perangkat yang terhubung ke jaringan dalam ruang pribadi Anda tanpa membiarkan mereka terekspos langsung ke Internet. Misalnya, jika Anda memiliki beberapa komputer di dalam rumah Anda, Anda mungkin ingin menggunakan alamat IP privat untuk mengatasi setiap komputer di dalam rumah Anda. Dalam skenario ini, router Anda mendapatkan alamat IP publik, dan masing-masing komputer, tablet dan smartphone yang terhubung ke router Anda (melalui wifi atau kabel) mendapatkan alamat IP pribadi dari router Anda melalui protokol DHCP.

Internet Assigned Numbers Authority (IANA) adalah organisasi yang bertanggung jawab untuk mendaftarkan alamat IP berkisar pada organisasi dan Internet Service Provider (ISP). Untuk memungkinkan organisasi untuk secara bebas memberikan alamat IP pribadi, Jaringan Pusat Informasi (InterNIC) telah dilindungi blok alamat tertentu untuk penggunaan pribadi. Blok IP berikut disediakan untuk alamat IP pribadi:

Private IP Address

Apa itu alamat IP publik?

Alamat IP publik adalah alamat yang ditugaskan ke perangkat komputasi untuk memungkinkan akses langsung melalui Internet. Sebuah server web, server email dan perangkat server yang langsung dapat diakses dari Internet yang calon alamat IP publik. Sebuah alamat IP publik yang unik secara global, dan hanya dapat diberikan ke perangkat yang unik.

Apa itu alamat IP pribadi?

Alamat IP pribadi adalah ruang alamat yang dialokasikan oleh InterNIC untuk memungkinkan organisasi untuk membuat jaringan pribadi mereka sendiri. Ada tiga blok IP (1 kelas A, 1 B kelas dan 1 kelas C) disediakan untuk penggunaan pribadi. Komputer, tablet dan smartphone duduk di belakang rumah Anda, dan komputer pribadi dalam sebuah organisasi biasanya ditugaskan alamat IP pribadi. Sebuah printer jaringan yang berada di rumah Anda diberi alamat pribadi sehingga hanya keluarga Anda dapat mencetak ke printer lokal Anda.

Selalu menjadi blogger pemula. Tidak pernah bisa menjadi blogger profesional. Tidak punya semangat dan skill menulis, tidak punya semangat mencari bahan untuk postingan. Tidak bosan-bosan membuat blog baru tapi blognya selalu begitu-begitu saja...:D

Silahkan luangkan sedikit waktu anda untuk berkomentar. Jika ada tulisan yang menurut anda kurang jelas atau kurang berkenan di Teknologisme.com, jangan ragu-ragu menyampaikannya kepada kami.
EmoticonEmoticon

Contact Form