Tuesday, October 18, 2016

Dapat Penghasilan Dari Aplikasi Android Tanpa Kemampuan Pemrograman

Sebenarnya tulisan yang tidak penting ini sudah sedikit basi karena informasi yang ada dalam artikel ini sudah banyak dimuat di blog-blog lain. Tetapi dengan niat berbagi yang tulus saya rasa tidak ada salahnya untuk dipublikasikan kembali. :D

Ada beberapa teman yang bertanya, untuk apa sih membuat aplikasi Android? Apa sih tujuan utama membuat aplikasi Android? Apa keuntungan kalau kita membuat aplikasi Android? Pertanyaan-pertanyaan itu tentu saja memiliki jawaban yang berbeda-beda dari setiap orang (developer). Tapi bagi saya, jawabannya adalah untuk mendapatkan uang dan kepuasan.
Uang??? Sudah bukan rahasia lagi kalau segala sesuatu yang berhubungan dengan produk-produk Google adalah lahan basah untuk mendulang Dollar. Hehehe...
Kepuasan??? Masa sih anda tidak puas dan bangga jika aplikasi yang anda ciptakan digunakan banyak orang? Hehehe.. lagi..

Dapat Penghasilan Dari Aplikasi Android Tanpa Kemampuan Pemrograman

Bagaimana cara mendapatkan uangnya? Sama halnya dengan blogger yang mendapatkan penghasilan melalui iklan, pengembang aplikasi Android juga mendapatkan penghasilan melalui iklan yang disematkan pada aplikasi-aplikasi gratis yang mereka buat dan melalui pembelian item dalam aplikasi (In-App Purchase). Namun ada juga pengembang yang membuat aplikasi premium berbayar. Aplikasi yang seperti ini biasanya tidak disematkan iklan didalamnya tapi untuk dapat menginstalnya, kita harus membayar terlebih dahulu.

Apakah untuk membuat aplikasi Android harus mahir bahasa pemrograman? Jawabannya adalah tidak. Lho kok bisa? Karena saat ini ada begitu banyak template aplikasi Android yang tersedia di internet. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Dengan template-template tersebut kita tidak harus mengetik baris program dari awal sampai selesai. Kita cukup mengedit seperlunya saja sesuai keinginan masing-masing. Seperti mengganti nama aplikasi, mengganti icon, mengganti warna dll. Hal tersebut tentu saja tidak membutuhkan keahlian khusus dalam pemrograman.

Program atau software apa yang diperlukan untuk membuat aplikasi Android? Ada banyak program yang dapat digunakan utnuk membuat aplikasi Android namun yang paling populer adalah Android Studio (resmi dari Google), Eclipse (dari Java) dan Unity (lebih fokus dalam pembuatan game). Lebih lanjut tentang program ini akan kita bahas pada artikel berikutnya.

Apa saja penyedia iklan untuk aplikasi Android? Penyedia iklan untuk aplikasi Android juga sangat banyak seperti Admob, Startapp, Leadbolt, Mobilecore, Unity Ads dan lain-lain. Namun seperti biasanya untuk urusan iklan mengiklan tentu saja yang paling populer adalah saudara kandungnya Adsense yaitu Admob. Admob merupakan penyedia iklan resmi dari Google yang dikhususkan untuk aplikasi mobile.

Saya rasa tulisan yang tidak penting tentang cara dapat uang dari aplikasi Android tanpa kemampuan pemrograman ini cukup sampai disini saja. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini. :D

Selalu menjadi blogger pemula. Tidak pernah bisa menjadi blogger profesional. Tidak punya semangat dan skill menulis, tidak punya semangat mencari bahan untuk postingan. Tidak bosan-bosan membuat blog baru tapi blognya selalu begitu-begitu saja...:D

Silahkan luangkan sedikit waktu anda untuk berkomentar. Jika ada tulisan yang menurut anda kurang jelas atau kurang berkenan di Teknologisme.com, jangan ragu-ragu menyampaikannya kepada kami.
EmoticonEmoticon

Contact Form