Tuesday, November 8, 2016

Penasaran Dari Mana Sumber Penghasilan Vlogger? Intip Di Sini!

Belakangan ini YouTube merupakan salah satu sosial media yang populer. Popularitas dari sosial media ini disebabkan banyaknya informasi yang menarik dan juga berkualitas yang disediakan oleh para vlogger yang kreatif dan juga inovatif.

Baca juga: Punya Video Menarik? Monetisasi Video Anda untuk Dapatkan Uang Darinya

Bukan hanya video film atau movie music video, anda juga bisa melihat banyak video berkualitas mengenai review, turorial dan juga komedi-komedi yang segar di media sosial ini. Banyaknya konten Vlog yang menarik dan juga bermanfaat yang bisa ditemukan di media sosial berbasis video ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan karena adanya kegiatan monetisasi YouTube.

Penasaran Dari Mana Sumber Penghasilan Vlogger? Intip Di Sini!

Monetisasi dan Pembayaran Iklan Video Yang Ada di YouTube


Monetisasi adalah salah satu kegiatan yang digunakan untuk meng-uang-kan sebuah karya, dalam kasus ini yang bisa diuangkan adalah video-video kreatif. Meng-uang-kan video ini tidak dilakukan dengan menjual video tersebut ke YouTube tapi memasang iklan di video anda. Hal ini bisa kita ibaratkan dengan televisi. Televisi juga mengumpulkan uang dengan mengadakan iklan disela-sela acaraya. Perbedaan iklan yang muncul di TV dan di video terletak pada sistem pembayaran. Berikut ini adalah beberapa cara pembayaran iklan yang dilakukan oleh YouTube.

CPC atau Cost per Click

Cost per click adalah salah satu cara pembayaran iklan yang dilakukan sesuai dengan banyaknya jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung video anda. Semakin banyak pembayaran pengiklanan yang dilakukan oleh pengunjung video anda di YouTube maka makin banyak uang yang anda akan dapatkan.

CPV atau Cost per View

Salah satu pembayaran Vlog yang banyak digunakan saat ini adalah pembayaran berdasarkan jumlah view yang video anda dapatkan. Sebuah iklan biasanya memiliki durasi, selama apa pengunjung video anda melihat video tersebut akan menentukan banyaknya uang yang anda dapatkan dari pengiklanan tersebut. Iklan yang dibayarkan adalah iklan yang yang ditonton paling tidak setengah dari iklan tersebut. Jika video anda diklik berulang-ulang tapi tidak ada yang menonton video sesuai dengan syarat pengiklanan yang dimilikinya, maka anda juga tidak akan mendapatkan uang.

Baca juga: Video-Video “Berduit” di YouTube yang Paling Populer

Jenis-Jenis Iklan Yang Ada di YouTube


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebuah video YouTube yang mendapatkan bayaran dengan cara yang disebutkan sebelumnya. Selain memiliki jenis pembayaran yang berbeda, jenis iklan yang biasanya ditemukan di Vlog juga ada banyak. Jenis-jenis iklan yang bisa ditemui di YouTube adalah sebagai berikut:

Pengiklanan Pre-roll

Salah satu iklan yang banyak kita temukan di video-video YouTube adalah iklan pre-roll. Iklan pre-roll ini adalah iklan yang merupakan preview dari sebuah video. Iklan yang memiliki jenis seperti ini bisa anda identifikasi dengan adanya fungsi skip setelah anda melihat video iklan selama 5 detik.

Iklan In-Search

Ketika anda mencari sebuah video berdasarkan query atau kata kunci di kolom search yang ada di YouTube, pernahkah anda menemukan hasil video pencarian yang disekelilingnya terdapat sebuah kotak yang memiliki warna kuning terang? Video inilah yang masuk dalam pengiklanan in-search.

Iklan In-Display

Salah satu iklan yang bisa ditemui di YouTube adalah pengiklanan in-display. Pengiklanan ini muncul pada saat kita membuka atau menonton sebuah video. Pengiklanan ini akan muncul di sebelah kanan dari video yang sedang anda mainkan.

Baca juga: Tips Sebelum Membuat Video untuk Menghasilkan Uang dari Youtube

Jumlah dari uang yang didapatkan oleh seorang vlogger yang sudah memiliki fanbase yang besar bisa mencapai nilai puluhan juta Dolar hanya dengan melakukan melakukan monetisasi YouTube terhadap videonya.

Selalu menjadi blogger pemula. Tidak pernah bisa menjadi blogger profesional. Tidak punya semangat dan skill menulis, tidak punya semangat mencari bahan untuk postingan. Tidak bosan-bosan membuat blog baru tapi blognya selalu begitu-begitu saja...:D

Silahkan luangkan sedikit waktu anda untuk berkomentar. Jika ada tulisan yang menurut anda kurang jelas atau kurang berkenan di Teknologisme.com, jangan ragu-ragu menyampaikannya kepada kami.
EmoticonEmoticon

Contact Form